Beranda | Artikel
Fitnah Kubur
Senin, 12 April 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Fitnah Kubur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 29 Sya’ban 1442 H / 12 April 2021 M.

Kajian Tentang Fitnah Kubur

Setelah ruh masuk kembali ke jasadnya, maka datanglah malaikat:

إذا وضع العبد في قبره جاءته ملائكة على صورة منكرة

“Apabila seorang hamba diletakkan di kuburannya, maka dia didatangi oleh malaikat dalam bentuk yang mengerikan.”

Fitnah kubur, yaitu ujian di dalam kuburan. Ujian di sini tentunya sebagaimana yang sudah kita maklumi, yaitu pertanyaan yang akan diajukan oleh malaikat ke setiap manusia yang ada di kuburannya.

Dalam sunan Tirmidzi, disebutkan:

إذا قبر الميت – أو قال: أحدكم – أتاه ملكان أسودان أزرقان، يقال لأحدهما: المنكر، وللآخر: النكير، فيقولان، ما كنت تقول في هذا الرجل؟ فيقول: ما كان يقول، هو عبد الله ورسوله، أشهد أن لا إله إلا الله، وأن محمداً عبده ورسوله. . وإن كان منافقاً، قال: سمعت الناس يقولون قولاً، فقلت مثله، لا أدري…

“Apabila mayit sudah dikebumikan, -atau perawi mengatakan: apabila salah seorang dari kalian sudah dikuburkan- maka dia didatangi oleh dua malaikat yang warnanya hitam kebiru-biruan, yang satu namanya Munkar dan yang satu Nakir. Dua malaikat ini pun berkata: ‘Apa komentarmu tentang orang ini (maksudnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam)?’ Dia menjawab seperti yang biasa ia ucapkan: ‘Dia adalah hamba Allah dan Rasulullah, Asyhadu alla ilaha illallah, wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.’ Apabila orang ini munafik, dia akan berkata: ‘Aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu, dan aku pun ikut-ikutan mengatakannya sementara aku tidak tahu.`” (HR. Tirmidzi)

Dari Al-Bara’ bin ‘Azib, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

فيأتيه ملكان شديدا الانتهار فينتهرانه

“Maka datanglah dua malaikat yang sangat keras bentakannya…”

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50080-fitnah-kubur/